Breaking News
Berikut Penyebab Guru Honorer di Sukabumi Lumpuh Setelah Menerima Vaksin Tahap Dua

Berikut Penyebab Guru Honorer di Sukabumi Lumpuh Setelah Menerima Vaksin Tahap Dua

Beritagan.com – Guru honorer SMAN 1 Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, bernama Susan, disebut lumpuh dan mengalami gangguan penglihatan setelah vaksinasi COVID-19 putaran ke-2.

Kabar ini mengejutkan masyarakat sehingga menimbulkan ketakutan untuk melakukan vaksinasi. Apa yang sebenarnya terjadi?

Profesor Hindra Irawan Satarin, Ketua Komisi Nasional Kegiatan Serentak Pasca Imunisasi (KIPI), mengatakan, pihaknya sudah selesai melakukan investigasi terkait masalah kelumpuhan guru Susan.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa guru Susan menderita sindrom guillain-barre (GBS). Kondisi ini merupakan penyakit saraf

Hendra juga mengatakan, dari pemeriksaan tersebut, tidak terbukti adanya kaitan antara penyakit Susan dengan vaksinasi COVID-19 yang dijalaninya.

“Ya, Jumat lalu Komnas HAM dan Komda KIPI Jabar melakukan audit bersama dan menyimpulkan bahwa saat ini belum cukup bukti yang mengaitkan imunisasi dengan GBS pada ibu guru tersebut,” kata Hindra saat dihubungi Asumsi. co, Senin (3/5).

Menurut keterangan Hindra, saat ini guru Susan sudah berangsur pulih dan berada di rumah. Dia mengatakan bahwa minggu ini, guru Susan ingin kembali ke Rumah Sakit Dokter untuk kontrol. Hasan Sadikin Bandung (RSHS).

Lebih lanjut, Hindra mengimbau agar warga tidak perlu takut untuk selalu melakukan vaksinasi COVID-19.

Hal itu ia sampaikan karena mungkin warga khawatir dan berpikir dua kali untuk mendapatkan suntikan vaksin setelah mendengar kabar guru Susan lumpuh setelah divaksinasi.

“Silahkan terus divaksinasi, jika setelah selesai vaksinasi timbul keluhan segera ke nomor telepon yang ada di belakang kartu vaksinasi yang diberikan sebelum meninggalkan tempat vaksinasi, agar petugas kesehatan dapat memberitahu Komda /Komnas untuk melakukan investigasi/laporan untuk ditindak atau dirujuk, sehingga pengaduan dapat diselesaikan,” kata Hindra.




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *