Breaking News
DPR Kritik Pemerintah Karena Izinkan WNA China Ke Indonesia, Sedangkan Masyarakat Sendiri Dilarang Mudik

DPR Kritik Pemerintah Karena Izinkan WNA China Ke Indonesia, Sedangkan Masyarakat Sendiri Dilarang Mudik

Beritagan.com – Pemerintah resmi melarang segala bentuk mudik selama Lebaran 2021. Ketentuan ini resmi berlaku pada 6 kemarin. Anggota Komisi V DPR, Muhammad Fauzi, mengkritik hal tersebut.

Ia menyayangkan adanya beberapa WNA China yang melintas di Bandara Soekarno-Hatta di tengah larangan mudik.

“Mudik Lebaran ini merupakan kegiatan tahunan yang dinantikan oleh warga kami, untuk berkumpul kembali dengan keluarga. Karena ada aturannya, warga rela menunda mudik,” kata Fauzi, Jumat (7/5).

“Di tengah larangan mudik, orang asing (WNA) bebas masuk ke Indonesia. Terkait hal itu tentu akan membuat warga kecewa, karena tidak diperbolehkan pulang,” lanjutnya.

Ironi lagi, apalagi WNA itu juga berasal dari negara yang diindikasikan penyebaran COVID-19 masih cukup masif.

Lebih lanjut, bagi Fauzi, sudah selayaknya dalam kondisi saat ini, peraturan pemerintah yang melarang kegiatan perjalanan diterapkan secara adil dan merata.

“Kami tidak ingin menyakiti perasaan warga kami dengan bekal yang tumpang tindih. Warga kami enggan untuk tidak mudik, ribuan pos isolasi untuk menghentikan warga yang nekat mudik juga berada di setiap perbatasan daerah. Sayang ada orang asing yang bisa masuk ke Indonesia dengan bebas,” kata anggota DPRD Dapil Sulsel itu.

Kehadiran warga negara China itu terekam dalam video viral saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (4/5). Perekam video mengatakan puluhan warga China sedang menuju bus.

Kabag Humas dan Universal Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara mengoreksi keberadaan WNI tersebut. Mereka tiba di Soetta International Presence Stop 3 pada Selasa (4/5) pukul 14.55 WIB.

“Selasa, 4 Mei 2021, pukul 14.55 WIB, sebanyak 85 WNI & 3 WNI mendarat dengan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen,” tulis Angga dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/5). ).

Ia menegaskan, para penumpang telah lolos pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kehadiran orang dari luar negeri oleh KKP Kemenkes.

“Dalam hal keimigrasian, diketahui visa dan dokumen keimigrasian mereka sesuai dengan Permenkumham No 26 Tahun 2020,” pungkasnya.




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *