Breaking News
Dulunya Ajudan Presiden Soekarno, Kakek Ini Kini Hanya Sebagai Tukang Seduh Kopi Keliling

Dulunya Ajudan Presiden Soekarno, Kakek Ini Kini Hanya Sebagai Tukang Seduh Kopi Keliling

Beritagan.com –

Sebuah video beredar memperlihatkan seorang kakek pedagang kopi keliling yang mengaku pernah menjadi ajudan Presiden Soekarno pada masanya.

Video itu diunggah di YouTube oleh pemilik saluran Amy Abadi. Sambil menyiapkan sachet yang dibawanya, Warsito menceritakan pengalamannya bekerja di bawah Presiden pertama Republik Indonesia itu.

Diketahui, Warsito lahir pada tahun 1935 di Ambarawa, Semarang. Ia merantau ke Jakarta bersama kakak laki-lakinya sejak SMP. Sembari bekerja, ia juga sempat menginap di rumah Wakil Presiden Moh. Hatta.

“Ya, setelah itu saya bekerja di istana dan diangkat menjadi perwira polisi menjadi pengawal pribadi Presiden Soekarno,” kata Warsito.

Warsito melanjutkan, katanya dimanapun Soekarno berada, selalu mendampinginya di belakang. Seingatnya, Warsito mengaku telah menjadi ajudan Pak Proklamator selama 13 tahun, dari tahun 1954-1967.

Kemampuannya dalam menjalankan tugas administrasi hingga mahir mengemudikan mobil membuatnya dipercaya dan diangkat menjadi polisi dan pengawal orang nomor satu di Indonesia saat itu.

Meski menjadi pengawal presiden, Warsito mengaku menerima gaji kecil. Jadi, dia memutuskan untuk menjadi tukang parkir di Ikada (Monas).

“Dulu saya pakai seragam, sekarang Brimoblah. Dulu saya juga jaga parkiran di Lapangan Ikada karena gaji saya hanya Rp 350 perak,” kenangnya.

Sebagai bukti, lelaki tua bertopi itu bahkan menunjukkan akte kelahiran anaknya dan bukti pernah menjabat sebagai pengawal presiden. Surat itu menyebutkan pangkat Warsito adalah Inspektur Satu Satgas Pomad (Polri TNI).

Namun sayang, ia tidak buru-buru mengurus surat-surat pensiunnya karena tersapu banjir. Kini ia hanya bisa mengandalkan sepeda tuanya dan berjualan kopi keliling karena tak ingin merepotkan anak-anaknya.




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *