Breaking News
Kakek dan Nenek yang Tinggal di Gubuk Reyot dari Karung Ini Akhirnya Dibantu Pemerintah Buatkan Rumah

Kakek dan Nenek yang Tinggal di Gubuk Reyot dari Karung Ini Akhirnya Dibantu Pemerintah Buatkan Rumah

Beritagan.com –

Kesimpulannya, sekarang Mbah Tarso bisa sedikit bahagia.

Menikmati hari tua dengan aman dan damai pasti menjadi harapan banyak orang. Namun sayangnya, tidak semua mendapat kesempatan untuk merasakannya. Salah satunya adalah seorang kakek bernama Mbah Tarso.

Di usia tuanya, ia terpaksa hidup di bawah atap plastik dan tanpa penerangan. Kisah Mbah Tarso pun akhirnya viral di media sosial.

Tinggal di rumah yang tidak layak huni

Mengutip dari kompas. com, selama 5 tahun Mbah Tarso (70) dan Sugiyani (31) tinggal di gubuk reyot beratap plastik. Gubuk tersebut berukuran 2×3 m dengan 6 tanaman yang tumbuh menjadi tiang penyangga.

Dindingnya tak kalah mencemaskan dari sisa spanduk dan karung plastik. Tak hanya itu, tidak ada listrik yang menerangi rumah Mbah Tarso. Setiap malam, ia menggunakan parafin sebagai penerangan.

Akses menuju rumahnya juga bisa dibilang tidak mudah. Meski berada di perkotaan, keduanya harus berjalan kaki sekitar 15 menit melewati persawahan dan kebun serta menyusuri sungai kecil untuk sampai ke rumahnya.

Mbah Tarso mengaku sering menjalani kehidupan nomaden dan hidup menyendiri. Saat ini ia tinggal di sebuah kebun yang terletak di Desa Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

“Dulu saya tinggal di bagian yang basah, dekat sungai Banjaran, tapi bagian bawahnya masih di Desa Kedungwuluh. Kontrak tanah, 10 tahun habis, saya pindah lagi, ini urutan ketiga,” jelas Mbah Tarso seperti dikutip dari Kompas. Di kediamannya saat ini, kakek berusia 70 tahun ini tidak dipungut biaya sepeser pun, hanya saja dia diminta untuk menjaga dan melindungi taman.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, umumnya Mbah Tarso memancing di sungai yang nantinya akan dijual.

“Belum bisa pasti. Saya jual ke orang, uangnya buat saya untuk 3 orang, untuk kebutuhan sehari-hari, tabungan dan untuk kebutuhan lainnya,” ujarnya. Menemukan Dorong Rumah

Baru-baru ini, nasib baik datang kepada Mbah Tarso. Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama masyarakat membangun rumah yang layak huni untuk kakek 70 tahun ini dan rumah semi permanen tersebut kini telah berdiri dan dapat ditempati oleh Mbah Tarso.

Tak hanya itu, Camat Purwokero Barat Edi Paryono mengatakan, saat ini Mbah Tarso tercatat memiliki kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat).

Syukurlah, sekarang Mbah Tarso bisa tinggal di rumah yang lebih baik dan mendapat semangat. Sehat terus ya, Mbak.




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *