Breaking News
Potret Haru, Mbah Lamun Rela Mencari Rongsokan Demi Bisa Menyambung Hidup di Gubuk Kecil

Potret Haru, Mbah Lamun Rela Mencari Rongsokan Demi Bisa Menyambung Hidup di Gubuk Kecil

Beritagan.com –

Namanya Mbah Lamun (71) di usianya yang sudah tidak kuat lagi, namun ia tetap memaksa tubuhnya untuk bekerja. Setiap hari, Mbah pergi ke sawah untuk mencari sisa-sisa padi. Dalam perjalanan, Mbah biasanya mengumpulkan sampah untuk bertahan hidup.

Tidak cukup, nenek saya masih bekerja dengan menyapu halaman dan mengumpulkan daun cengkeh kering. Semua pekerjaan yang nenek lakukan untuk sesuap nasi. Karena hidupnya hanya seorang pria kesepian tanpa suami dan tanpa anak.

Suaminya sudah lama meninggal. Sekarang tinggal sebatang kara di Desa Maribaya, Tinggal di gubuk tak layak huni, di depan rumahnya banyak tambalan kayu yang dilapisi seng bekas, “agar hujan tidak langsung masuk,” kata Mbah Lamun.

Namun saat masuk ke rumahnya ada 3 ember penuh air, ternyata ember tersebut menampung air hujan karena atapnya bocor. Lantai rumah nenek Lamun masih tanah jika hujan rumah menjadi licin untuk berjalan. Nenek terkadang menangis ketika melihat dirinya tidur dengan kasur basah karena bocor.

Setiap hari Mbah hanya memakan daun-daunan yang ditemukannya di kebun. Mbah Lamun sengaja menanam singkong di dekat rumahnya dan menanam daun lambu agar tidak membeli lauk pauk dan hasil kerja sehari-harinya bisa digunakan untuk membeli beras.

“Bu, kalau tidak kerja keras seperti ini, kamu tidak bisa makan,” katanya, “mau bergantung pada siapa jika tidak mencarinya sendiri,” tambahnya.

Ternyata hasil rongsokan itu ada saat 20 hari dapat 1 karung penuh dan dapat 15 ribu. Untuk daun cengkeh dapat 5 karung dan dikumpulkan dalam lima hari dapat 10 ribu.

Penghasilan yang sangat minim dengan kerja keras sangat menguras tenaga, belum lagi untuk listrik dan air, Mbah harus membayar 10 ribu per bulan karena listrik dan air nenek dibagikan ke tetangga.

Bantuan Donasi: https://www.donationline.id/mbahlamun




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *