Breaking News
Potret Perjuangan Nenek Pencari Rongsok Hidupi 5 Cucu dan Anak ODGJ, Walaupun Tubuhnya Sudah Lemah Tetap Rela Tiap Hari Angkat Rongsok 10Kg

Potret Perjuangan Nenek Pencari Rongsok Hidupi 5 Cucu dan Anak ODGJ, Walaupun Tubuhnya Sudah Lemah Tetap Rela Tiap Hari Angkat Rongsok 10Kg

Beritagan.com –

Sejauh 15 KM Nenek Denji melakukan perjalanan setiap hari untuk mencari barang rongsokan. Dengan karung atau kresek besar, sang nenek membawa sampah yang didapatnya untuk dibawa pulang. Seminggu nenek biasanya mengumpulkan sekitar 10 Kg sampah, upah yang diterimanya juga tergantung pada berapa banyak sampah yang dijual.

Nenek mencari sampah dari jam setengah enam pagi sampai jam enam sore. Sampah yang Nenek dapatkan, dikumpulkan dulu selama seminggu jadi banyak. Sekitar 20 atau 40 ribu yang didapat Nenek Denji setiap minggunya. Uang itu cukup untuk memberi makan 5 cucu dan anaknya yang ODGJ.

Anak nenek penderita gangguan jiwa bernama Pak Rasyid. Sudah 6 tahun nenek saya merawat Pak Rasyid yang jiwanya terganggu setelah ditinggal istrinya. Selain mengasuh anak, Nek Denji juga harus mengasuh 5 cucunya karena Pak Rasyid sudah tidak bisa bekerja lagi.

4 cucunya sudah bersekolah, sedangkan 1 cucunya, Ali, berhenti sekolah saat kelas 6 SD. Ali sering diejek oleh teman-temannya, sehingga dia tidak mau sekolah lagi. “Biasanya Ali membantu nenek mencari barang bekas, kalau cucu yang lain ada di sekolah, mereka juga ikut membantu membersihkan sampah yang sudah dikumpulkan saat pulang sekolah,” kata nenek.

Gaji nenek dari mencari barang rongsokan tentu jauh dari cukup. Uang 40 ribu yang didapat Nek Denji seharusnya cukup untuk memberi makan 6 orang selama seminggu. Untuk membuatnya cukup, keluarga kecil Nek Denji makan dengan sederhana, yang paling mewah mereka makan dengan sayuran plus sambal. “Hanya ada nasi, kita syukuri. Soalnya gaji nenek harus dibagi makan, bayar sewa, uang sekolah cucu, juga jajan buat mereka kalau ada lagi,” kata nenek sambil menahan air matanya. .

Suami Nek Denji sudah lama meninggal. Nenek saya punya 7 anak, tapi 5 anaknya yang lain sudah meninggal, sekarang tinggal Pak Rasyid dan adiknya yang masih hidup. “Putra nenek yang lain tinggal di daerah yang berbeda dan hidupnya sama sulitnya dengan nenek,” kata Nek Denji.

Pak Rasyid yang suatu hari menderita gangguan jiwa hampir menyakitinya. Namun berkat doa tulus sang nenek untuk anaknya dan minum obat penenang, akhirnya Pak Rasyid bisa tenang.

Kesulitan yang dialami oleh Nenek Denji hanya bisa dijalani dengan kesabaran dan penuh perjuangan. Nenek tidak pernah mengeluh meskipun dia merawat anaknya yang sakit jiwa dan 5 cucunya. Nenek Denji hanya bisa berdoa agar Pak Rasyid cepat sembuh dan bisa beraktivitas kembali. “Nenek ingin putrinya sembuh dan bisa bekerja lagi. Kasihan 5 anaknya yang masih kecil. Mereka membutuhkan bimbingan dan uang agar dapat terus belajar dan mencapai cita-citanya. Kalau hanya dari rongsokan saja, Nenek khawatir tidak bisa melanjutkan pendidikannya,” kata Nenek dengan berlinang air mata.

Sekarang, nenek hanya bisa menyisihkan sedikit dari upah yang diperoleh, karena nenek tidak tahu apakah besok dia masih memiliki penghasilan atau tidak. Nenek juga ingin bisa pergi umroh, namun uang yang ditabungnya tidak ada karena digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. “Nenek ingin bisa umroh, nenek juga ingin cukup uang untuk membayar sewa karena jika menunggak, nenek takut diusir. Nenek juga ingin cucunya bisa terus makan, jadi dia hanya bisa bekerja untuk mereka dan berdoa kepada Yang Maha Kuasa, “kata Nenek.

Bantuan Donasi: https://donationline.id/bantunenekdenji




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *