Breaking News
Potret Perjuangan Pak Guru Ini, Datangi Para Siswanya yang Tak Bisa Belajar Online di Tengah Pandemi

Potret Perjuangan Pak Guru Ini, Datangi Para Siswanya yang Tak Bisa Belajar Online di Tengah Pandemi

Beritagan.com –

Guru ini sangat mulia, namanya Pak Nanang.

Pandemi virus corona saat ini memaksa banyak pihak untuk berdiam diri di rumah guna mencegah penyebaran virus tersebut. Tidak terkecuali para siswa, mereka juga berada di rumah. Namun, mereka tetap diwajibkan untuk belajar terutama dengan guru dan teman mereka secara online.

Tapi, itu bagi mereka yang berada. Bagaimana jika siswanya adalah orang kecil, yang tidak memiliki handphone, apalagi akses internet?

Pak Nanang, Kunjungi Muridnya Yang Tidak Bisa Belajar Online

Di Kalimantan Timur, ada seorang guru yang sangat menginspirasi. Namanya Pak Nanang Nuryanto. Ia mengajar kelas 5 SDN 021 Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kertanegara.

Di tengah pandemi ini, mengutip media lokal, Pak Nanang harus mendalami kebijakan pemerintah tentang belajar mengajar daring. Namun, meskipun beberapa siswa dapat menjelajahi sistem belajar mengajar online, beberapa tidak dapat karena keterbatasan ekonomi.

Ya, karena sebagian besar siswanya adalah anak-anak petani sayur pakis.” Rata-rata mereka adalah anak-anak petani sayur pakis,” kata Pak Nanang. Mereka, para siswa yang tidak bisa belajar online, tidak memiliki ponsel dan uang untuk membeli paket informasi internet.

Tepatnya, dari 22 siswa kelas 5 yang ia ajar, ada 10 siswa yang belum bisa mendalami sistem belajar mengajar online, sebaliknya hanya 10 siswa yang bisa.

Supaya adil agar semua muridnya bisa menguasai pelajaran dengan baik, Pak Nanang tidak hanya mengajar secara online, ia juga satu per satu mendampingi siswa yang tidak bisa belajar online. Tidak hanya itu, ia bahkan membuat bahan belajar sendiri untuk siswa offline-nya.

Jarak yang ditempuh juga tidak sedikit. Sangat sedikit rumah siswa yang terletak dalam jarak 2 km, dan sangat jauh mencapai 5 km.

Apalagi saat mengetahui ada siswa online yang tidak mengerti apa yang dipelajarinya, Pak Nanang tidak berpikir panjang untuk pergi ke rumah anak tersebut untuk menjelaskan secara langsung atau tatap muka.

Wah, sangat menginspirasi Pak Nanang. Untuk para guru disana, semangat selalu! Sebab, masa depan anak bangsa ada di tangan Anda. Semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan rezeki. Amin.




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *