Breaking News
Sedih, Bayi Mungil Ini Alami Lumpuh Gara-Gara Kanker Otak

Sedih, Bayi Mungil Ini Alami Lumpuh Gara-Gara Kanker Otak

Beritagan.com – Perkenalkan nama saya Mei ibu 2 anak. Anak pertama saya, Andra, lahir pada November 2010, saat ini berusia 9 tahun. Gambar di atas merupakan gambar saat Andra berada di ruang PICU pasca operasi pengangkatan tumor ganas (kanker) di otaknya pada tahun 2013.

Andra adalah penyintas Kanker Otak Medulloblastoma Grade IV dan Hidrosefalus. Sejak lahir hingga berusia 3 tahun, Andra tumbuh sehat dan normal, mampu berdiri, berjalan, dan berlari dengan lincah seperti anak-anak lain seusianya. Hingga tahun 2013, Andra sempat mengalami demam dan muntah-muntah, serta jalan yang miring, seperti hilang keseimbangan.

Gejalanya berjalan cepat sehingga kami membawanya ke Dokter Spesialis Saraf Anak dan melalui beberapa pemeriksaan dan CT scan dokter mendiagnosa tumor otak ganas (kanker otak) di otak kecil atau cerebellum yang disebut Medulloblastoma Grade IV dan cairan menumpuk di kepala (Hydrocephalus).

Karena diagnosisnya beberapa hari setelah ulang tahun Andra yang ke 3 tepatnya November 2013 Andra harus segera dioperasi karena tumor ganasnya sudah hampir mengenai batang otak, jika tidak segera dioperasi Andra akan berada di koma.

Setelah itu dicoba operasi ke 1 untuk memperbesar tumor ganas dan operasi ke 2 dicoba seminggu kemudian untuk memasang pompa VP Shunt di kepala yang berfungsi untuk membantu menyedot kelebihan cairan di kepala.

Dan karena tumornya ganas ada sel kanker setelah itu Andra harus menjalani proses radioterapi 30x. Andra juga harus menjalani operasi lagi pada tahun 2015 karena hidrokel. Untuk operasi 1, 2 dan 3 biaya radioterapi semua dibebankan secara individual karena saat itu belum ada BPJS dan kondisi mendesak. Dana tersebut bisa kita peroleh dari menabung, menjual relik dan meminjam dari hasil kerja.

Andra telah menjalani operasi sebanyak 4 kali. Dan Agustus 2017 lalu, kondisi Andra tiba-tiba drop karena VP Shunt rusak, sehingga harus menjalani operasi perbaikan VP Shunt. Selang VP Shunt yang ada di head dan body putus sehingga cairan kembali menumpuk. Alhamdulillah operasi ke 4 bisa pakai BPJS.

Karena tumor ganas itu terletak di otak kecil yang merupakan pusat keseimbangan, kata dokter setelah operasi pengangkatan tumor tahun 2013 kondisi Andra kembali seperti balita, tidak bisa duduk, berdiri dan berjalan sendiri.

Dokter mewajibkan Andra untuk rutin minum obat agar kemampuan motoriknya diharapkan kembali normal. Karena itu, akhirnya radioterapi Andra harus menjalani berbagai pengobatan lain, termasuk terapi wicara rutin dan fisioterapi hingga saat ini. Total sudah 6 tahun Andra berjuang dan semangat menjalani terapi secara rutin.

Namun hingga saat ini Andra belum bisa berdiri dan berjalan sendiri lagi, walaupun demikian kami sangat berterima kasih atas motor Andra yang sedikit mengalami kemajuan seperti sudah bisa duduk sendiri walaupun masih goyang dan tidak normal.

Selain itu, Andra juga harus rutin periksa ke Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik dan Dokter Spesialis Mata Anak karena pasca operasi tahun 2013 mata Andra menjadi juling dan tidak fokus. Namun terapi dan kunjungan ke dokter spesialis yang tidak bisa menggunakan BPJS terpaksa dihentikan sementara karena kami kehilangan dana. Sementara untuk dokter dan terapis, Andra tidak boleh mengakhiri pengobatan karena kemampuan motoriknya akan mundur.

Andra juga merupakan anak yang kuat dan penuh semangat. Atas permintaan sendiri Andra meminta untuk pergi ke taman kanak-kanak universal dekat rumah, karena Andra tidak bisa berdiri dan berjalan sendiri, aktivitas Andra disekolah kebanyakan duduk di kelas dan walaupun Andra adalah anak tunggal yang masih harus digendong dan ditolong berdiri dan berjalan, Andra tidak pernah merasa Insecure, dia selalu semangat sekolah. Andra tidak pernah menangis kesakitan saat menjalani pengobatan karena Andra ingin sembuh dan bisa berjalan kembali seperti anak lainnya.

Oleh karena itu atas masukan dari teman-teman, saya sebagai ibu Andra memberanikan diri dengan rendah hati mengajukan penggalangan dana melalui Kitabisa ini dengan harapan akan banyak orang baik yang peduli dengan Andra dengan memberikan dukungan baik doa maupun modul agar Andra dapat terus berkarya. penyembuhan dan terapinya sampai sembuh. total dari kanker dan bisa bangkit kembali seperti semula.

Klik Disini Untuk Membantu Donasi




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *