Breaking News
Terjadi Bom Bunuh Diri di Gereja Makassar, Polisi Perketat Penjagaan di Gereja-Gereja Daerah Lain

Terjadi Bom Bunuh Diri di Gereja Makassar, Polisi Perketat Penjagaan di Gereja-Gereja Daerah Lain

Beritagan.com – Ledakan bom bunuh diri mengguncang Gereja Katedral di Jalan Kajaolalido Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021). Bom bunuh diri tersebut menewaskan pelaku dan melukai sejumlah jemaat gereja. Untuk mengantisipasi insiden di gereja lain, Polres Banyumas telah menerjunkan personel Satuan Sabhara untuk menjaga dan berpatroli di gereja-gereja di Banyumas.

“Selain patroli, kami juga melakukan pengamanan di objek-objek wisata dan beberapa gereja yang mengadakan kebaktian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kapolres Banyumas Kombes Pol M. Firman L. Hakim melalui Kabag Sumda Kompol Mugiman.

Anggota Sabhara berpatroli menggunakan kendaraan bermotor dan bersenjata lengkap. Secara maraton, mereka singgah dari satu gereja ke gereja lain di Purwokerto dan sekitarnya untuk mengantisipasi gangguan keamanan menyusul bom bunuh diri di sebuah gereja di Makassar.

Personel Sabhara bersenjata lengkap juga menjaga sejumlah gereja. Pasukan ini dipimpin Kapolsek Sabhara Polres Banyumas Kompol Aldino Agus Anggoro. Selain melakukan penjagaan, Polsek Banyumas juga menerjunkan anggotanya untuk memantau dan mengecek kesiapan personel di Polsek-Polsek Banyumas. Pengecekan kesiapan jajaran dipimpin Kasumda Polres Banyumas, Kompol Mugiman.

Ia berharap pemeriksaan, patroli dan pengamanan personel tersebut dapat mengantisipasi potensi gangguan keamanan. Selain itu, kehadiran anggota Polres Banyumas juga diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Sama halnya dengan Banyumas, patroli juga diintensifkan untuk memantau objek-objek vital di Kebumen, Jawa Tengah. Salah satunya adalah gereja. Patroli tersebut juga untuk mengamankan jalannya Ibadah atau Ibadah bagi Umat Kristiani dan Nasrani. Minggu pagi, Polsek Poncowarno mengunjungi Gereja Kerasulan Baru di Desa Kedungdowo.

Mula-mula personel Polsek datang kemudian melakukan sterilisasi sambil memantau. Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kabid Humas Polsek Iptu Tugiman mengatakan, patroli dan shelter dilakukan agar kegiatan keagamaan bisa khidmat.

Selain di Polsek Poncowarno, patroli juga dilakukan di Polsek Kebumen dan jajaran Polsek lainnya. Patroli ke sejumlah gereja sudah menjadi agenda rutin Polres Kebumen. Di tingkat Polres, Sat Sabhara Polres Kebumen melibatkan Satuan K9 (Unit Satwa) yang melibatkan anjing pelacak, spesialis bahan peledak dan narkotika.

Kemampuan anjing telah dilatih sehingga diharapkan sebelum kegiatan keagamaan di Gereja dimulai, Gereja sudah steril dan siap pakai. Selain gereja, bank, perkantoran, sekolah, tempat wisata juga menjadi sasaran prioritas patroli Polres Kebumen.




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *