Breaking News
Tukang Kebun Kampus Lulus Sarjana di Kampus Tempatnya Bekerja

Tukang Kebun Kampus Lulus Sarjana di Kampus Tempatnya Bekerja

Beritagan.com – Wajah Lukhanyo Mafu sangat gembira. Senyum cerahnya tidak akan pernah hilang. Mengenakan gaun formal, dia berdiri dengan bangga di depan lulusan Ford Hale University (UFH) Afrika Selatan setelah resmi meraih gelar sarjana ilmu sosial. Dia bekerja di kampus selama 7 tahun sebagai tukang kebun. Dalam video yang dipublikasikan “Now This News”, kelulusan Lucanio mendapat standing ovation dari wisudawan lainnya. Apalagi, ia mewujudkan mimpinya pada usia 39 tahun, yang lebih tua dari rata-rata usia mahasiswa lainnya.

Impiannya terwujud berkat bantuan salah satu staf akademik UFH, Awonke Tshefu. Dia meminjamkan 200 Rand atau sekitar Rp. 200 ribu untuk membayar biaya pendaftaran tahun 2014. Namun, permohonan Lukhanyo saat itu ditolak. Dia tidak menyerah, mendaftar ulang dan berhasil masuk ke kampus tempat Nelson Mandela dan Robert Mugabe belajar, dua tokoh terkemuka di Afrika Selatan.

Perjalanan hidup Lukhanyo memang berliku. Setelah SMA, pada tahun 1999, dia pindah dari sebuah desa di Gaga Skolweni, Alice, ke Cape Town, untuk mencari pekerjaan. Selama dua tahun bekerja di kota besar, dia ditangkap polisi karena kejahatan yang tidak pernah dia akui. Dia dijatuhi hukuman 15 tahun penjara dan harus menjalani kehidupan narapidana di Penjara Pollsmoor, yang disebut sebagai penjara paling menakutkan di Afrika Selatan.

Seminggu sebelum Lukhanyo lulus, ayahnya meninggal dunia. Oleh karena itu, acara wisuda hanya dihadiri oleh adik dan kerabat. “Ibuku tidak ada di sana karena dia masih berduka atas kematian ayahku,” katanya. Hingga akhir pekan lalu, ia masih sibuk mempersiapkan pemakaman ayahnya.

Di sisi lain, ia berharap gelar yang diraihnya bisa membuka jalan baginya untuk membeli rumah yang layak untuk keluarganya. “Yang saya inginkan hanyalah ibu dan saudara-saudara saya bangga kepada saya melalui pekerjaan yang layak yang saya dapatkan dan membangun rumah yang layak untuk mereka,” katanya, berharap status mantan narapidana tidak menghalangi. dia di masa depan.




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *