Breaking News
Walau Punya Masa Lalu Kelam, Bapak Ini Sukses Jadi Pengusaha dan Punya Tambak Udang 700 Hektar

Walau Punya Masa Lalu Kelam, Bapak Ini Sukses Jadi Pengusaha dan Punya Tambak Udang 700 Hektar

Beritagan.com –

Muhammad Iksan pernah mengalami pahitnya pengalaman menjadi orang yang sering menimbulkan kerusuhan dan hidup di jalanan. Pria yang akrab disapa Bang Foreman itu menyadari apa yang telah dilakukannya.

Akhirnya, ia memilih untuk bertobat dan memulai bisnis. Berkat kerja kerasnya yang pantang menyerah, kini Iksan telah berhasil memiliki 700 hektar tambak udang.

Siapa sangka, bos tambak udang ini ternyata punya cerita kelam. Iksan pernah menjadi sosok yang sering harus berurusan dengan pihak berwajib hingga ibundanya berlinang air mata.

“Orang tua mengunjungi (POLISI) terus, masalah terus, akhirnya saya pergi ke terminal. Masalah dengan polisi terus, tentu saja sulit, ibu saya terus menangis,” jelasnya.

Memutuskan untuk keluar rumah sepertinya bukan solusi. Saat itu, ia harus mengalami kesulitan hingga tidak makan selama dua hari hidup terpisah dari orang tuanya.

“Akhirnya, saya tidak mengerti bagaimana menghasilkan uang, saya tidak memakannya selama dua hari,” katanya

Kesulitan terus dialami, tetapi hidup juga harus terus berlanjut. Meski kesulitan dan tidur di jalanan, Iksan menolak pulang karena malu, terus-menerus menjadi beban keluarga.

“Saya kurang lebih mengalaminya (susah) tidur di depan toko, tidak pernah pulang kampung, sayang kan,” jelasnya.

Hidup di jalanan rupanya membuat kondisi mental Iksan semakin terbentuk. Setelah dia selesai menjadi orang yang sering berkelahi secara fisik, dia memutuskan untuk bertobat.

Iksan belajar berbisnis untuk mencari nafkah di jalan yang benar. Dia memulai dengan berdagang jajanan.

“Belajar tentang bisnis dari mentor saya. Alhamdulillah saya memulai usaha saya dari seorang pedagang asongan, ketika saya pindah dari preman jalanan saya kosong. Dari situ saya belajar (bisnis),” ujarnya.

Dari berjualan jajanan hingga beralih ke bisnis lain, Iksan bertemu dengan berbagai tokoh inspiratif yang memberinya banyak ilmu. Salah satunya adalah pengetahuan tentang bisnis.

Dari situ, Iksan memulai usaha sendiri berupa tambak udang. Bisnisnya pun semakin berkembang dan sering dilanggan oleh perusahaan-perusahaan besar dan ternama di tanah air.

Alangkah bersyukurnya, kini Iksan bisa kembali ke kampung halamannya di Muaragembong, Bekasi, Jawa Barat dan berbisnis. Hingga saat ini, tambak udang sudah digunakan seluas 700 hektar.




Sumber Berita : viralpedia.id

About ANDRIAN KANAMOTO

Check Also

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Kisah Haru Kakek 80 Tahun ini, Hidup Sebatang Kara dan Tidak Bisa Berjalan

Beritagan.com – Selama tiga tahun terakhir, Mbah Repat tinggal sebatang kara di sebuah rumah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *